• Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahawa Rasulullah s.a.w telah bersabda: "Tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman hingga saling menyayangi antara satu sama lain. Mahukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian kerjakan niscaya kalian akan saling menyayangi antara satu sama lain? Sebarkanlah salam sebanyak-banyaknya diantara kalian" - (Muslim)

Bidadari untuk Umar r.a.

Umar r.a. adalah salah satu dari sahabat Rasulullah SAW. Semenjak ia memeluk islam kaum muslimin seakan memperoleh suatu kekuatan yang sangat besar. Sejak itulah mereka berani sholat dan thowaf dika'bah secara terang-terangan. Umar r.a. adalah seorang yang waro', ia sangat teliti dalam mengamalkan Islam. Umar r.a. mempelajari surah Al-Baqoroh selama 10 tahun, ia kemudian melapor kepada Rasulullah SAW, "wahai Rasulullah SAW apakah kehidupanku telah mencerminkan surah Al-Baqoroh, apabila belum maka aku tidak akan melanjutkan ke surah berikutnya". Rasulullah SAW menjawab, "sudah..."!. Umar r.a. mengamalkan agama sesuai dengan kehendak Allah SWT. Karena kesungguhannya inilah maka banyak ayat di Al-Qur'an yang diturunkan Allah SWT berdasarkan kehendak yang ada pada hatinya, seperti mengenai pengharaman arak, ayat mengenai hijab, dan beberapa ayat Al-Qur'an lainnya.

Rasulullah SAW seringkali menceritakan kepada para sahabatnya mengenai perjalannya mi'raj menghadap Allah SWT. Beliau SAW sering pula menceritakan bagaimana keadaan surga yang dijanjikan Allah SWT kepada sahabat-sahabatnya. Suatu hari ketika Rasulullah SAW dimi'rajkan menghadap Allah SWT malaikat Jibril AS memperlihatkan kepada Beliau SAW taman-taman surga. Rasulullah SAW melihat ada sekumpulan bidadari yang sedang bercengkrama. Ada seorang bidadari yang begitu berbeda dari yang lainnya. Bidadari itu menyendiri dan tampak sangat pemalu. Rasulullah SAW bertanya kepada Jibril AS, "wahai Jibril AS bidadari siapakah itu"?. Malaikat Jibril AS menjawab, "Bidadari itu adalah diperuntukkan bagi sahabatmu Umar r.a.". Pernah suatu hari ia membayangkan tentang surga yang engkau ceritakan keindahannya. Ia menginginkan untuknya seorang bidadari yang berbeda dari bidadari yang lainnya. Bidadari yang diinginkannya itu berkulit hitam manis, dahinya tinggi, bagian atas matanya berwarna merah, dan bagian bawah matanya berwarna biru serta memiliki sifat yang sangat pemalu. Karena sahabat-mu itu selalu memenuhi kehendak Allah SWT maka saat itu juga Allah SWT menjadikan seorang bidadari untuknya sesuai dengan apa yang dikehendaki hatinya".

6 comments:

antero said...

sebagai seorang wanita sy cemburu dengan bidadari, sebagai seorang istri sy cemburu trhdp suamiku diakherat kelak kepada para bidadari itu

Hideossle said...

aku setuju dengan poster di atas. bidadari menggambarkan syurga lebih memihak kepada kesukaan lelaki dan melibatkan kebencian wanita. untuk meyakini keadilan Allah, we think back to nature: tiada benda hidup yang tidak berpasangan, termasuk bidadari. bermaksud bidadari wujud dalam dua jantina, lelaki dan wanita cuma bidadari itu terma lebih umum untuk wanita. yang lelaki mungkin dinamakan "bidadara" tetapi terma "malaikat" lebih kerap digunakan. malaikat adalah deskripsi makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya dan kemungkinan bidadari adalah terma khusus malaikat dalam bentuk wanita pelayan di syurga. kerana itu yang lelakinya lebih umum disebutkan "malaikat" berbanding "bidadara", sungguhpun "malaikat" dalam hal itu adalah bidadari versi lelaki dan lain daripada malaikat jenis lain. di akhirat pula, lelaki dan wanita akan diberi apa sahaja mereka mau, lelaki diberi bidadari tanpa dianggap khianat dan wanita diberi equality seperti lelaki tanpa perlu melawan fitrah termasuklah boleh menampung berdampingan dengan banyaknya bidadara sepertimana lelaki menghampiri banyaknya bidadari. wallahua'lam. sekadar ingin meyakini syurga adalah nikmat sebenar bagi setiap lelaki dan wanita.

Ahliah Zuhairi said...

Seorang isteri akan menjadi ketua bidadari pada suaminya di akhirat kelak..jd x perlu la nk cemburu.

"Wanita yang menyebabkan suaminya keluar di jalan Allah swt. dan kemudian menjaga rumahtangganya, akan masuk syurga 500 tahun lebih awal daripada suaminya dan menjadi ketua kepada 70,000 Malaikat dan Bidadari. Wanita itu akan dimandikan dalam syurga lalu menunggu suaminya sambil menaiki kuda yang dibuat dari permata Yaqut."

Tiket pesawat online said...

@antero .. betul yang dibilang ahliah Zuhairi, wanita sholihah akan menjadi bidadari, yang ditemani oleh dayang-dayang, yang mana kecantikan bidadari itu tak kan tertandingi oleh kecantikan dayang-dayangnya...

pribadi sembiring said...

Hahahaha..... wanita cemburu dgn laki2 di surga. Apakah tidak ada kisah surga bagi wanita? Salah saudara2ku. Lihatlah Surat Ad Dahr ayat 17- 22. Bacalah dgn hikmah dan akal kita. Apakah laki2 suka pelayan2 muda? Laki2 suka pada bidadari. Apakah laki2 suka pakaian sutra dan gelang2? Tentu tidak. Insya Allah itu utk wanita2 ahli Sorga.... minuman jahe yg air dr Salsabil. Kl bagi laki2 qamar dan Allah katakan tidak mabuk...

Kharisma Muhammad said...

Tenang Mbak,istri yg shalihah akan menjadi pemimpin bidadari kelak .

Komentar